0

Pelatih Arsenal Arsene Wenger mengingatkan Timnas Chile akan mengambil risiko ‘bunuh diri’ jika tetap menurunkan penyerang Alexis Sanchez yang tengah cedera dalam lanjutan Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan melawan Uruguay pada Rabu pagi WIB (16/11/2016).

Penyerang yang sehari-hari merumput bersama klub Liga Primer Inggris Arsenal itu mendapatkan cedera urat lutut ketika menjalani sesi latihan bersama timnas negaranya dan tidak bisa diturunkan saat Chile mengimbangi Kolombia 0-0 pada Jumat pagi WIB (11/11/2016).
Alexis Sanchez dalam balutan jersey Timnas Chile - Reuters/Janine Costa

Sempat muncul kabar bahawa pelatih Timnas Chile Juan Antonio Pizzi berharap Sanchez pulih dan dapat diturunkan ketika menjamu Uruguay. Namun, Wenger menegaskan jika hal itu dilakukan, akan memperparah cedera sang striker.

“Saya mendapat kabar bahwa Chile berharap dapat menurunkan Alexis. Dengan cedera hamstring, kami punya akses ke staf medis kami untuk melakukan pemindaian MRI (magnetic resonance imaging) guna melihat seberapa parah cederanya,” kata Wenger kepada Bein Sports.

“Kita akan mengetahui seberapa buruk cedera itu dan benar-benar memastikan mereka (Timnas Chile) tidak membuat keputusan bunuh diri yang bisa merugikan masa depannya selama 2 atau 3 bulan,” lanjut pelatih berkebangsaan Prancis tersebut.

Bagaimana pun saran dan pandangan Wenger, Timnas Chile sangat memerlukan kehadiran Sanchez di barisan depan untuk mengoyak gawang Uruguay yang sedang on fire dan menduduki peringkat kedua Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan dengan nilai 23, hanya satu angka di belakang Brasil.

Chile telah kehilangan kiper andalan mereka, Claudio Bravo, yang mendapatkan cedera ketika Chile mengimbangi Kolombia tanpa gol. Kalau mereka kehilangan Sanchez pula di lini depan, berarti Chile mengalami kerugian ganda.

Arturo Vidal dan kawan-kawan belum berada di posisi aman dalam susunan klasemen sementara Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan dengan hanya menempati peringkat kelima dari 10 kontestan hingga pekan ke-11.

Dari zona Amerika Selatan, hanya empat tim teratas klasemen akhir yang langsung lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia, sedangkan peringkat kelima harus beradu kuat dalam play off melawan juara zona Oseania untuk berebut selembar tiket terakhir atau ke-32 untuk bertarung di Rusia.

Padahal, persis satu setrip di bawah Chile, atau di peringkat keenam, ada Argentina dengan Lionel Messi-nya yang tentunya akan berjuang sekuat tenaga dan memang mempunyai potensi untuk menerobos empat besar yang berati menggusur dua tim ke peringkat yang lebih rendah.

Posting Komentar

 
Top